Minggu, 18 November 2012

ANIMASI DENGAN GRAFIK di JAVA

Pada postingan sebelumnya saya sudah pernah menjelaskan tentang pembuatan animasi sederhana di java, jika teman2 sudah berhasil mencobanya menurut saya begitulah gambarannya membuat animasi grafik di java pada postingan berikut ini, yang akan segera kita jelaskan.. Oke Langsung saja.
Untuk membuat animasi dengan grafik, maka terlebih dahulu kita harus menyiapkan gambar-gambar atau yang sejenisnya agar kita dapat menyatukannya dengan mudah. Untuk contoh kali ini, saya menggunakan empat buah gambar yang akan disatukan untuk mendapatkan animasi gambar manusia yang bergerak.

Gambar 1 :
stickman1.gif
Gambar 2 :
stickman2.gif
Gambar 3 :
stickman3.gif
Gambar 4 :
stickman4.gif

Berikutnya silahkan ketik kode dibawah ini kedalam notepad lalu compile di Command Promt.
 Kode Program :
//*********************************
//Nama File : animasiGrafik.java
//*********************************
//Animasi di Java
//Untuk menampilkan animasi manusia
//File gambar stickman1.gif, dst
//disimpan satu direktori dengan
//animasiGrafik.java, teman2 boleh mencoba gambar lain yang berformat ".gif "
//*********************************
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
public class animasiGrafik extends Frame implements Runnable {
Thread animation;
int frameDelay = 100;
Image frames[];
int numFrames;
int currentFrame = 0;
long lastDisplay = 0;
int screenWidth = 400;
int screenHeight = 400;
public static void main(String args[]) {
animasiGrafik app = new animasiGrafik ();
}
public animasiGrafik () {
super("Animasi Grafik");
setup();
setSize(screenWidth,screenHeight);
addWindowListener(new WindowEventHandler());
show();
animation = new Thread(this);
animation.start();
}
void setup() {
setupMenuBar();
setFont(new Font("default",Font.BOLD,18));
Toolkit toolkit = getToolkit();
frames = new Image[4];
// objek yang akan ditampilkan
frames[0] = toolkit.getImage("stickman1.gif");
frames[1] = toolkit.getImage("stickman2.gif");
frames[2] = toolkit.getImage("stickman3.gif");
frames[3] = toolkit.getImage("stickman4.gif");
numFrames = frames.length;
}
void setupMenuBar() {
MenuBar menuBar = new MenuBar();
Menu fileMenu = new Menu("File");
MenuItem fileExit = new MenuItem("Exit");
fileExit.addActionListener(new MenuItemHandler());
fileMenu.add(fileExit);
menuBar.add(fileMenu);
setMenuBar(menuBar);
}
public void paint(Graphics g) {
g.drawImage(frames[currentFrame],125,80,this);
}
public void run() {
// Perulangan animasi
do {
long time = System.currentTimeMillis();
if(time - lastDisplay > frameDelay) {
repaint();
try {
Thread.sleep(frameDelay);
}catch(InterruptedException ex){
}
++currentFrame;
currentFrame %= numFrames;
lastDisplay = time;
}
} while (true);
}
class MenuItemHandler implements ActionListener, ItemListener {
public void actionPerformed(ActionEvent ev){
String s=ev.getActionCommand();
if(s=="Exit"){
System.exit(0);
}
}
public void itemStateChanged(ItemEvent e){
}
}
//Kelas yang digunakan agar tombol close pada frame bisa berfungsi
class WindowEventHandler extends WindowAdapter {
public void windowClosing(WindowEvent e){
System.exit(0);
}
}
}
Output program : Start>Run, atau teman2 bisa gunakan tombol window + R pada Keyboard. lalu ketikkan "Cmd" tanpa tanda petik.. pada tampilan command promt direktory penyimpanan file.java teman2.. lalu ketikkan javac animasiGrafik.java, perlu di perhatikan di setiap nama file harus sama dengan nama class("public class animasiGrafik extends Frame implements Runnable { ") atau sebaliknya..
Selamat mencoba, Semoga bermanfaat dan berhasil dicoba!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar